Autocad Course

Kursus AutoCad Gratis
Free Autocad Course

15.49

Overview

Diposting oleh Rudy

Pendahuluan


Sebelum saya memulainya, saya mengasumsikan bahwa Anda sudah bisa menginstall program AutoCad. Saya pun beranggapan bahwa Anda sudah bisa mengeksekusi (membuka) program AutoCad.
AutoCad adalah salah satu program yang sangat popular terutama di dunia design. Program ini biasanya dipakai dibidang engineer entah itu bidang sipil, mekanik, ataupun elektrik. Sebagai sebuah program design yang diminati banyak orang, AutoCad telah berkembang sedemikian pesatnya, dengan berbagai fitur tambahan yang sangat membantu kita dalam proses design. Namun di sini saya hanya akan mengajarkan materi dasar AutoCad, sebagai gebang bagi Anda untuk bisa memulai menggunakan program spektakuler ini.

Koordinat

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah konsep koordinat. Koordinat digunakan untuk menentukan posisi suatu titik. Saya yakin Anda sudah tahu bahwa bumi ini dibagi dalam sekian garis bujur dan sekian garis lintang. Buat apa itu? Tentunya berguna untuk menentukan lokasi suatu tempat. Misal suatu tempat ada di posisi 139 derajat bujur timur dan 7 derajat lintang selatan. Anda pasti bisa mengira-ira dimana posisi itu. Atau kalau Anda ingin mengetahui pasti Anda bisa membuka google earth dan mencari tahu dimana posisi itu. Demikian halnya konsep koordinat dalam penggambaran terutama menggunakan AutoCad.

Koordinat dalam AutoCad dibagi dalam beberapa system yakni :

* Kartesius
Adalah sebuah sistem koordinat yang dipergunakan dalam meletakkan titik untuk penggambaran obyek berdasarkan pemasukan nilai X dan Y.
Pada 2 D, sumbu pertama yang mendatar disebut sumbu X dan sumbu kedua yang tegak disebut sumbu Y.




Pada Autocad, titik (0,0) berada pada sudut paling kiri bawah layar, biasanya ditandai dengan gambar UCS pada saat pertama kali membuka lembar AutoCAD.
Untuk memasukkan data titik kita masukkan X,Y misal 4,5 artinya titik itu di posisi 4 pada sumbu X positif dan 5 pada arah sumbu Y positif.

* Polar
Koordinat polar dipergunakan apabila ingin meletakkan suatu titik yang ditentukan dengan jarak dan arah dari titik mana saat itu berada.




Sudut rotasi dalam satuan derajat, dan dihitung dari sumbu X positif. Pemasukan data adalah dengan memasukkan : panjang garis"<"sudut


Tampilan AutoCad
Perhatikan di sana ada menu bar, tool bar, dan ada command line. Menu bar digunakan untuk melakukan perintah perintah secara biasa, sedangkan tool bar dapat melakukan penyingkatan proses perintah tersebut karena hanya menekan satu ikon saja. Sedangkan command line digunakan untuk melakukan perintah dengan cara menulis perintahnya ataupun menulis short code dari perintah tersebut. Untuk lebih jelasnya marilah kita mulai pelajaran pertama kita tentang AutoCad yaitu Garis

1 komentar:

yogi mengatakan...

thank mass

Posting Komentar